Head Office : Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya, Jl. Palembang - Prabumulih Km. 32 Ogan Ilir - Indralaya 360662, Telp : 0711 - 580074 Fax : 0711 - 581058 - Email : lpm@unsri.ac.id

Pusat Pengembangan Masyarakat dan Wilayah Binaan (P-PMWB)

Pengembangan Wilayah dan Desa Binaan LPM Unsri berorientasi pada penyelesaian masalah pada lingkungan masyarakat di Pedesaan. Kegiatan utama unit ini adalah Pengembangan Desa Binaan Unsri. Program Desa Binaan merupakan bagian dari implementasi kepakaran yang dimiliki oleh sivitas akademika Unsri untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat pedesaan melalui pendekatan pendidikan. Program Desa Binaan menampung  kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa Unsri. 

Khalayak sasaran adalah desa-desa di sekitar kampus, atas permintaan masyarakat atau yang menjadi lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat staf pengajar Unsri. Program Pengembangan Desa Binaan dilaksanakan dalam bentuk jaringan kerjasama yang sinergis dan berorientasi pada kemandirian masyarakat. Pelaksana kegiatan adalah dosen-dosen yang ditunjuk oleh dekan masing-masing fakultas. Setiap fakultas dapat melaksanakan satu atau lebih desa binaan. Pada suatu setiap desa binaan dapat dilaksanakan kegiatan pengabdian oleh dosen  lintas fakultas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Pendanaan kegiatan dapat dilakukan oleh LPM Unsri, Dikti, Fakultas, dan melalui dana kemitraan dengan stakeholders baik institusi pemerintah maupun swasta.

 

Pengembangan desa binaan senantiasa berorientasi pada kaidah berikut ini:

  1. Dikelola melalui pengorganisasian yang dapat melibatkan sebanyak mungkin unsur dan institusi.
  2. Berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan masyarat.
  3. Berorientasi pada prinsip kemitraan dengan stakeholders.
  4. Mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi masyarakat desa untuk pengembangan potensi dan aset desa untuk kesejahteraan bersama.
  5. Menjadi lembaga yang memperkuat struktur sosial ekonomi masyarakat.
  6. Program disusun melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta tindak lanjut.

lpm.unsri.ac.id

PENGUNJUNG